Gas Ideal

10 Apr

Oksigen, nitrogen, hidrogen, uap air, bahkan udara di sekitar kita merupakan contoh gas. Gas-gas tersebut tersusun atas atom-atom, partikel-partikel, atau molekul yang sangat kecil. Gas merupakan keadaan benda atau zat yang mempunyai sifat unik. Salah satunya, partikel-partikel penyusunnya selalu bergerak acak (sangat bebas).

Selain itu, gas juga dapat mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya. Konsep yang mempelajari sifat-sifat gas berdasarkan kelakuan partikel/molekul penyusun gas yang bergerak acak disebut Teori Kinetik Gas.

  • Pengertian Gas Ideal

suatu gas digambarkan sebagai partikel-partikel (molekul-molekul) di dalam ruang tertutup yang selalu bergerak dari waktu ke waktu. Partikel-partikel ini menumbuk dinding ruangan dan memberikan tekanan. Pada pembahasan lebih lanjut, dibuat beberapa asumsi untuk menggambarkan model gas yang ideal sebagai berikut.

  1. Gas ideal terdiri dari partikel-partikel yang disebut molekul molekul dalam jumlah besar. Molekul ini dapat berupa atom maupun kelompok atom.
  2. Ukuran partikel gas dapat diabaikan terhadap ukuran wadah.
  3. Setiap partikel gas selalu bergerak dengan arah sembarang (acak). Artinya, semua molekul bergerak ke segala arah dengan pelbagai kelajuan.
  4. Partikel gas terdistribusi merata pada seluruh ruangan dalam wadah.
  5. Partikel gas memenuhi hukum newton tentang gerak.
  6. Setiap tumbukan yang terjadi (baik tumbukan antar molekul maupun tumbukan molekul dengan dinding) adalah tumbukan lenting sempurna dan terjadi pada waktu yang sangat singkat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: