Menara Air

15 Mar

Menara air??? Menara yang ada airnya nyooo???

Menara air adalah sebuah kontainer penyimpanan air besar yang ditinggikan yang dibangun untuk menampung persediaan air pada tinggi yang cukup untuk memberi tekanan pada sistem distribusi air. Pemberian tekanan terjadi melalui peninggian air; untuk setiap ketinggian 10.20 sentimeter (4,016 in), air memberi tekanan sebesar 1 kilopascal (0,145 psi). Ketinggian 30 m (98,43 kaki) menghasilkan tekanan sebesar 300 kPa (43,511 psi), tekanan yang cukup untuk mengoperasikan dan memenuhi persayaratan sistem distribusi dan tekanan air domestik.

Banyak menara air dibangun selama Revolusi Industri; sebagian di antaranya sekarang dianggap sebagai markah tanah dan monumen arsitektural, dan tidak boleh diruntuhkan. Sebagian lainnya diubah menjadi apartemen atau griya tawang eksklusif.

Sebuah menara air atau menara air yang tinggi adalah sebuah wadah besar penyimpanan air dan sengaja ditinggikan untuk pengadaan pasokan air. Dengan ketinggian yang cukup maka berguna untuk menekan sistem distribusi air. Cara kerja menara air:

1. Pompa mengalirkan air ke menara

2. air tersimpan di menara.

3. Tinggi menara memberikan tekanan hidrostatik untuk mengalirkan air ke pengguna.

Kegunaannya bukan hanya untuk menampung air.

Menara air bukan cuma berfungsi menampung air. Namun sebagai kapasitor atau menjaga agar tekanan ke jaringan pipa air tetap sama. Sehingga dapat stabil mengalirkan air ke seluruh pipa tujuannya.

Biasanya, menara air atau tangki penyimpan air berada di ketinggian 100 kaki. Setiap satu kaki ketinggian memberikan tekanan sebesar 0,433 liter/inci air. Di daerah yang lebih rendah, tekanan dari menara itu bisa lebih besar. Bahkan kekuatannya dapat merusak pipa.

Namun untuk menghindari hal itu, biasanya digunakan pipa yang berukuran lebih besar. Hal ini agar mengurangi tekanan air karena ruang yang lebih besar. Selain itu juga menggunakan keran pada ujungnya. Kalau kamu butuh air, tinggal putar, air pun akan mengalir.

 

Asal muasal : klik ini dan Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: