Mengapa Orang Indonesia jarang mendapat Nobel ????

5 Mar

Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahun kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, menemukan teknik atau peralatn yang baru atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. Hal ini saat ini dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi mereka yang mempunyai jasa besar terhadap dunia. Penghargaan Nobel pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia dan seorang penemu dinamit. Dia menandatangani wasiat tersebut di Swedish-Norwegian Club di Paris pada tanggal 27 November 1895. Hal ini dilakukan karena ia terkejut melihat hasil penemuannya justru dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan yang merusak, dan dia menginginkan agar penghargaan Nobel diberikan kepada mereka yang berjasa besar terhadap kemanusiaan.


Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahunnya pada tanggal 10 Desember, yaitu tanggal Alfred Nobel wafat. Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite dan institusi yang berwenang sebagai badan seleksi penerima penghargaan dalam berbagai kategori seperti Fisika,Fisiologi atau Kedokteran ,Sastra, dan Perdamaian.

  • Mengapa orang Indonesia “jarang” mendapatkan Nobel ???

Negara Indonesia ini adalah Negara dengan bejibun orang pandai dan orang pintar didalamnya,, akan tetapi kesempatan bagi mereka sangat kecil,,, jadi tak salah jika orang pandai atau orang pintar aslii Indonesia lebih suka memilih bekerja diluar negeri daripada di negeri sendiri…. sampai-sampai ada slogan “kaya di negeri orang,, miskin di negeri sendiri“. Sebenarnya orang Indonesia itu tak kalah dengan Negara lain,,,terbukti dengan banyaknya orang Indonesia yang menyabet medali baik emas.perak, dan perunggu serta memenangi perlombaan tingkat internasional. Akan tetapi orang Indonesia jarang mendapatkan nobel karenabangsa Indonesia masih kurang berusaha keras untuk meraih penghargaan tersebut seperti kurangnya dana untuk melakukan riset dan kurangnya kesempatan bagi mereka yang dapat membawa nama Indonesia di mata dunia. Semoga tahun-tahun yang akan datang saya atau anda dapat menyabet penghargaan nobel dan membawa nama harum Indonesia di mata internasional….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: