Mengapa Kapal perang gak tenggelam????

2 Mar

Massa jenis besi lebih besar daripada massa jenis air laut, tetapi mengapa kpal perang yang terbuat dari besi bisa mengapung di atas air????

Kita sudah tahu bahwa sebuah benda akan terapung, melayang, tenggelam di dalam sebuah cairan, adalah karena massa jenis benda itu dibandingkan dengan massa jenis cairan tempat benda itu dicelupkan. Jadi benda akan terapung jika massa jenis benda itu lebih kecil dari massa jenis cairan. Benda akan melayang jika massa jenis benda dan cairannya sama. Benda akan tenggelam jika massa jenis benda lebih besar dari massa jenis cairan.


Eureka,,, kapal perang itu menerapkan hukum om Arcimedes atau gaya apung. Badan kapal yang terbuat dari besi dibuat berongga.  Ini menyebabkan volum air laut yang dipindahkan oleh badan kapal menjadi sangat besar. Sehingga gaya apung menjadi sangat besar. Gaya apung ini mampu mengatasi berat total kapal sehingga kapal laut dapat mengapung di air.

Jika dijelaskan berdasarkan konsep massa jenis,  maka massa jenis rata-rata besi berongga dan udara yang menempati rongga masih kecil daripada massa jenis air laut. Itulah sebabnya kapal perang dapat mengapung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: