Iceberg

2 Mar

Pernah nonton film Titanic???? Yup… film yang digawangi oleh aktor Leonarno dicaprio ini memiliki ending cerita yang mengharu-biru. Film yang diambil dari kisah nyata yang berjudul sama ini adalah nama sebuah kapal yang menjadi legenda hidup berpuluh-puluh tahun silam, ,,, Titanic dilengkapi dengan teknologi paling maju pada masa itu dan orang awam percaya bahwa ia “tidak mungkin tenggelam”, dilengkapi dengan teknologi modern dan awak kapal yang berpengalaman, Titanic masih tenggelam dengan jumlah kematian yang tinggi. Betapa tidak dari ± 2.223 orang penumpang, hanya 706 orang penumpang yang selamat dan 1.517 orang penumpang tewas. Kebanyakan penumpang tewas disebabkan karena korban terkena hypothermia dalam air 28 °F (−2 °C). Kapal yang begitu besar dan megah itu tenggelam didasar atlantik yang dingin akibat menabrak bongkahan es di Newfounland.

Kapal Titanic



Sebenarnya penyebab terjadinya peristiwa itu adalah mengapungnya bongkahan es (Iceberg) di lautan merupakan salah satu fenomena fisika yang berkaitan dengan salah satu sifat yang menarik dari air yaitu anomali air. Sifat pengecualian pada air terjadi pada kisaran suhu 40 C. Anomali air merupakan fenomena ketidakwajaran sifat air yang berkaitan dengan pemuaian.

Ilustrasi Iceberg dan titanic

 

  • Kapan air mengalami anomali?

Peristiwa anomali air erat kaitannya dengan konsep pemuaian. Ternyata air mengalami pemuaian ketika didinginkan mulai 4 0C sama seperti saat air dipanaskan di atas suhu 4 0C. Aneh bukan! Artinya volum air terus bertambah saat didinginkan terus hingga akhirnya mencapai suhu 0 0C. Setelah mencapai suhu 0 0C, pada umumnya air akan mengalami perubahan wujud dari air menjadi es. Air akhirnya akan berwujud es pada suhu minus sehingga sudah jelas air pasti memiliki suhu yang lebih tinggi dari es namun dengan sifat anomalinya ternyata air justru memiliki volum yang lebih kecil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: